Pengertian Osteoporosis dan Cara Pencegahannya

Pengertian osteoporosis juga dikenal sebagai penyakit pengeroposan tulang. Osteoporosis biasanya menyerang sebagian besar wanita pascamenopause. Penyakit ini merupakan masalah kesehatan global yang dihadapi orang-orang berusia antara 50 dan 80 tahun.

Osteoporosis ditandai dengan penurunan massa tulang atau kepadatan tulang seiring dengan penurunan kekuatan tulang yang tidak dapat menopang tubuh. Penurunan kepadatan dan kekuatan tulang yang terus-menerus menyebabkan masalah yang cukup serius.

Gejala Osteoporosis

Pasien dengan kondisi ini tidak menunjukkan gejala yang serius. Proses pengeroposan yang terjadi dianalogikan dengan rusaknya metabolisme tulang. Gangguan metabolisme dipengaruhi oleh status hormon estrogen dan kekurangan kalsium pada tulang. Tulang yang mengalami osteoporosis karena kecelakaan kecil seperti jatuh atau terpeleset bisa menyebabkan patah tulang.

Osteoporosis rentan terjadi di tiga tempat tulang belakang, pinggul, dan pergelangan tangan. Ketiga area ini sensitif bagi penderita osteoporosis. Gejala yang umum dialami yaitu nyeri pada tulang, sulit berjalan atau mengalami kecacatan, hingga penurunan tinggi badan secara bertahap.

Osteoporosis
Osteoporosis

Penyebab Osteoporosis

Tulang membutuhkan sistem metabolisme yang normal agar sel-sel tulang dapat bekerja untuk menjaga kepadatan tulang. Sel penyusun tulang dan sel penghancur bergantian, melengkapi dan menyeimbangkan satu sama lain untuk membentuk seluruh tulang. Penyebab osteoporosis adalah kerusakan tulang selama pembentukan tulang karena kondisi di mana ia tidak memiliki cukup mineral, kalsium dan fosfat.

Jika kebutuhan ini tidak terpenuhi, produksi tulang terganggu. Penuaan juga merupakan penyebab osteoporosis. Bagi wanita, penuaan adalah penurunan kadar estrogen. Sedangkan osteoporosis pada pria disebabkan oleh penurunan kadar hormon testosteron.

Pencegahan Osteoporosis

Pencegahan adalah hal yang paling tepat dilakukan, jangan menunggu sampai mengalami osteoporosis. Selain kalsium dan vitamin D, ada mineral yang dibutuhkan untuk memperkuat massa tulang. Istirahat yang cukup juga mempengaruhi proses pengeroposan tulang agar tidak berujung pada osteoporosis. Anda bisa melakukan aktivitas fisik seperti jogging di pagi hari atau aktivitas ringan lainnya agar tubuh tidak hanya duduk terus-terusan.

Kafein dan alkohol juga berbahaya bagi organ tubuh. Selain merusak gigi dan sistem pernapasan, dapat mengurangi massa atau kekuatan tulang. Orang yang minum terlalu banyak alkohol dan kafein dapat mempercepat pengeroposan tulang dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsinya.

Menjaga kesehatan tulang sangat penting untuk tetap sehat, terutama di masa pandemi saat ini. Selain cara-cara di atas, mengonsumsi Anlene juga dapat memenuhi asupan kalsium dan nutrisi penting lainnya yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang.

Ada dua pilihan susu Anlene yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Anlene Gold 5X memiliki formula MOVEMAX yang mengandung nutrisi luar biasa untuk mendukung kesehatan tulang, kelenturan dan kekuatan sendi pada orang tua yang terdiri dari kalsium, kolagen, protein, vitamin B6, dan vitamin C.

Anlene Gold 5X juga mengandung nutrisi tambahan seperti potasium untuk menjaga tekanan darah normal, kecukupan serat, dan tambahan vitamin B12 yang berperan dalam menjaga kesehatan sirkulasi dan pembentukan sel darah merah.

Ada juga Anlene Active 3X, yang mengandung tiga nutrisi penting yaitu vitamin C untuk kelenturan sendi, protein susu berkualitas tinggi, dan vitamin B6 untuk energi otot yang berkelanjutan. Ini juga kaya akan kalsium dan kolagen, yang membantu memperkuat tulang.

Bersama dengan Movemax, Anlene Activit 3X mencakup nutrisi lengkap untuk orang dewasa untuk mendukung aktivitas sehari-hari dengan mendukung kesehatan tulang, kekuatan dan kelenturan sendi. Selain itu, Anlene Activit 3X membantu menjaga kepadatan gigi dan tulang. Setelah memahami pengertian osteoporosis dan penyebabnya, jangan lupa penuhi kebutuhan nutrisi dengan Anlen dan aktif beraktivitas.

About the author: Dimas

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *